![]() |
Literasi dengan bercerita menggunakan media BIG BOOK |
Pembelajaran yang menyenangkan di sekolah adalah idaman setiap siswa sebagai pelajar di seluruh penjuru dunia. Merasakan proses belajar yang dinamis, ceria dan bersemangat akan berdampak besar pada karakter yang akan dibentuk dari pengalaman belajar mereka. Pengalaman belajar haruslah dirancang sedemikian rupa sesuai dengan tingkatannya. Dan guru haruslah menjiwai profesi mereka dengan bertanggung jawab terhadap hasil akhir yang diharapkan semua pihak. Mungkin dulu seorang guru hanya mengedepankan pengukuran kognitif sebagai keberhasilan mengajarnya. Tetapi seiiring dengan waktu hasil akhir pencapaian siswa lebih kepada karakter yang terbentuk seperti sikap spiritual dan sikap sosial disamping pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
![]() |
Dengan percaya diri seorang siswa bercerita tentang kebiasaannya mendengarkan cerita ayahnya sebelum tidur |
![]() |
Siswa memperagakan pengalamannya ikut balap mobil di sirkuit dengan semangat ( lihat gestur gurunya...hehe) |
Merancang pelaksanaan pembelajaran yang inovatif memang memerlukan banyak hal pendukung. Hal yang terpenting adalah pengalaman guru itu sendiri yang didapat dari banyak membaca, training, seminar dan pelatihan-pelatihan. Walau demikian bukan berarti guru yang tidak punya banyak kesempatan ikut pelatihan atau seminar tidak bisa membuat pembelajaran yang asyik.
Penulis punya pengalaman yang luar biasa dalam menemukan cara mengajar kreatif dan inovatif dan hasil luar biasa yang didapat siswanya tanpa bersusah payah.
Ada pepatah mengatakan jika gurunya aktif dan narsis maka siswanya akan melakukan hal yang tidak jauh dari tindak tanduk gurunya..( hehe). Yah begitulah...gurunya pecicilan.Siswanya yang tadinya pendiam sedikit malu-malu kucing itu bisa berubah menjadi siswa yang bawel, banyak bertanya bahkan keberaniannya jadi malu-maluin..qiqiqi. Mau tahu resepnya..?? cekidot. !
Tips Merancang Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 yang Menyenangkan :
1. Perhatikan tema dan tujuan pembelajaran
2. Dilihat alokasi waktu untuk keseluruhan muatan pembelajaran
3. Dibuat pembagian alokasi waktu sesuai skala prioritas
4. Rancang literasi semenarik mungkin
5. Pilih muatan pelajaran prioritas pada awal kegiatan inti/
6. Rancang metode dan pendekatan yang sesuai dan inovatif
7. Rancang draft penilaian siswa ( wajib !)
8. Dibuat soal HOTS sesuai tema dengan penilaian dapat berbentuk lisan maupun tertulis
9. Pada bagian penutup disebutkan kembali poin-poin penting yang telah didapat
10. Difikirkan pemberian reward yang mendidik
Waktu yang tepat membuat RPP yang jiamik adalah Sabtu dan Minggu atau waktu-waktu yang senggang sehari-hari dan disempurnakan di sekolah sebagai kinerja kita. Bisa karena biasa. Hasil yang memuaskan dalam keberhasilan RPP yang kita buat dapat dilihat dengan senyum ceria siswa serta keberhasilan pencapaian kompetensi siswa dan satu lagi... absensi siswa selalu 100% setiap harinya. Dan satu hal yang menginspirasi penulis untuk membuat RPP lebih inovatif adalah sebuah pertanyaan atau bahkan atensi seorang siswa saat pulang sekolah. Katanya, "Bu.., Besok merdeka belajarnya apa lagi..? kasih bocorannya dong bu..? ga sabar nunggu besok...??
Dan itu cukup membuat mood buster saya sepanjang hari. Bagaimana dengan anda ??
( Contoh RPP penulis dapat di lihat di website contacdina.blogspot.com dan free download )
No comments:
Post a Comment
Beri apresiasi anda dengan like atau comment setelah download. Terima kasih